Minggu, 24 Juni 2012

Cara mengatasi laptop yang terkena air



Wajib online - Sebagai komputer jinjing, laptop memang dirancang untuk mudah dibawa kemana-mana dan siap menemani kegiatan berkomputer anda sehari-hari. Ditambah lagi adanya fasilitas wireless (wi-fi) sebagai fitur wajib pada semua laptop saat ini, yang memungkinkan untuk berinternet praktis dengan hotspot yang tersebar di setiap sudut kota.
Seperti layak peralatan elektronik lainnya, laptop juga  memiliki kerentanan terhadap air, karena memiliki komponen mekanis seperti hardisk, LCD dan optical disk. Kita pasti takmau kehilangan laptop yang harganya jutaan kan belum lagi data-data penting yang ada didalamnya?,
Bagi anda belum pernah mengalami, saya memiliki sedikit tips  jika suatu saat laptop anda terkena air.
Berikut tips cara untuk mengatasi masalah laptop terkena air
1.       Jika laptop masih dalam keadaan basah jangan sekali-kali anda coba untuk menyalakan laptop, terutama langsung mencolokkannya ke arus listrik. Cara ceroboh  ini dapat menimbulkan arus pendek (konsleting) pada laptop yang berkibat pada kerusakan.
2.       Secepatnya anda langsung melepas baterai yang masih terpasang pada laptop, lalu membersihkan dan mengeringkannya, tapi anda perlu hati-hati terhadap kutub plus-minus baterai (biasanya logam berwarna kuning berkilau) gunakan kain kering dan lembut untuk membersihkannya.
3.       Jemur laptop dibawah terik matahari, dengan cara membolak-balik laptop agar air bisa keluar. Jika laptop telah kering, anda bisa menggunakan hairdrayer untuk menjangkau bagian dalam laptop. Usaha untuk tidak terlalu dekat agar tidak merusak komponen laptop.
4.       Jemur pula baterai dibawah sinar matahari, tetapi sebaiknya bungkus baterai dengan kain halus, jemur selama 1-3 jam saja. Setelah itu bungkus bateri beserta kain pembukusnya dengan  plastik,kemudian masukkan baterai kedalam kulkas (tetapi jangan di frezeer) cara ini bergunakan memperbaiki bahan kimia pada baterai.
5.       Segera perbaiki laptop anda ke ahli service laptop terpercaya. Atau jika sudah terbiasa dengan hal-hal teknis, anda bisa membuka chasing  laptop dan mengeluarkan perangkat utamanya (seperti; prosesor, hardisk, motherboard, RAM) untuk memastikan tidak ada kerusakan pada bagian tersebut.       





artikel diatas boleh di copas tapi baca dulu di sini

Artikel Terkait:

1 komentar:

Komentar anda sangat bermanfaat bagi saya